Pot Cream – Wadah Cream

Dari masa ke masa standar kecantikan terus berubah. Tetapi, memiliki tubuh ideal dan kulit putih masih menjadi dambaan banyak wanita. Banyak pula wanita yang memilih menggunakan kirim pemutih demi kulit wajah yang cerah dengan hasil instan. Di pasaran  berbagai merek krim untuk memutihkan wajah banyak beredar. Sebelum membeli perlu diperhatikan krim yang cocok dengan jenis kulit. Tak hanya menyesuaikan dengan jenis kulit, perlu juga untuk membedakan antara krim siang dan malam. Krim wajah biasanya memang dibedakan menjadi kirim siang dan malam. Pada krim siang mengandung SPF yang mampu melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari. Sedangkan pada krim malam banyak mengandung vitamin yang membantu memperbaiki kerusakan kulit.

Bagi para pelaku usahan kecantikan ada hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan selain dari kandungan krim wajah itu sendiri adalah kemasan. Kemasan produk mempunyai bahan-bahan yang berbeda dan juga kegunaan yang berbeda. Biasanya fungsi utama dari kemasan adalah untuk menjaga produk namun kemasan juga menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran.

Kemasan bahan plastik

Ada beberapa jenis plastik yang masing-masing memiliki kandungan dan bahaya kesehatan yang berbeda.

1. Polyethylene terephthalate (PET atau PETE) plastik ini biasa digunakan sebagai kemasan minuman, minyak goreng, sambal, dan sebagainya, yang berwarna bening atau tembus pandang.  PET disimbolkan dengan kode angka 1. Jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai saja. Tidak disarankan untuk menggunakan berulang kali karena penggunaan berulang diketahui bisa membahayakan kesehatan.

2. High density poluethylene (HDPE) plastik ini memiliki sifat bahan yang keras dan merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia. Sifat bahan HDPE lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Terlihat buram dari kejauhan namun juga memungkinkan untuk melihat banyaknya isi kemasan pada jarak dekat.

3. Polyvinyl chloride (PVC atau V) PVC biasanya dipakai dalam pembuatan botol detergen, botol sabun, botol sampo, pipa saluran, dan sebagainya. Bahan plastik ini tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman karena mengandung zat yang dapat merusak ginjal dan hati.

4. Low density polyethylene (LDPE) LDPE sering dipakai sebagai kantong belanja, plastik kemasan, pembungkus makan segar, dan botol-botol lembek. Bahan atau jenis plastik ini memiliki daya resistensi atau perlindungan yang baik terhadap reaksi kimia. Oleh karena itu, LPDE menjadi salah satu jenis plastik yang dapat dipakai sebagai pembungkus makanan dan minuman.

5. Polypropylene (PP)  bahan ini lebih kuat dan ringan. Cukup mengkilap dan stabil terhadap suhu tinggi. Bahan PP banyak digunakan untuk produk berupa wadah penyimpanan, tutup botol dan lainnya. 

6. Polystyrene (PS) Jenis plastik PS banyak dipakai sebagai bahan pembuatan Styrofoam, atau wadah makanan. Bahan plastik PS padat murni tak berwarna, keras dengan fleksibilitas yang terbatas. Memiliki glossy yang baik. Serupa dengan kaca, bahan ini rapuh dan mudah pecah.

Pot PSPP
Contoh pot cream bahan plastik

 

Kemasan bahan akrilik

Akrilik merupakan plastik yang menyerupai kaca. Namun, akrilik mempunyai sifat-sifat yang lebih unggul dibandingkan dengan kaca. Akrilik lebih lentur tidak mudah pecah, ringan, dan juga mudah untuk dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, dikilapkan atau dicat. Akrilik dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang rumit. Selain itu akrilik ramah lingkungan dan tidak mengandung racun.

Pot cream
Contoh pot cream bahan akrilik

 

Kemasan bahan kaca

Salah satu keunggulan bahan kaca adalah memiliki nilai estetik yang tinggi. Kaca mampu menyerap serta membiaskan cahaya dan dapat menambah nilai estetik pada kemasan.  Bahan kaca juga sangat tahan dengan perubahan cuaca dan matahari yang mempu merusak isi produk dalam kemasan. Selain itu kemasan berbahan kaca bisa digunakan berulang kali. Meski kemasan bahan kaca terlihat kokoh, bahan ini juga rawan hancur. Cenderung juga lebih berat dibanding kemasan berbahan lain.

Pot Cream Glass
Contoh pot cream bahan kaca